10 February 2013

BEBERAPA MACAM ALAT UKUR PANJANG

Secara internasional disepakati satuan panjang adalah meter. Maka dibuat meter standar yang disimpan di kota Sevres, dekat Paris. Pada mulanya bahan yang digunakan untuk membuat meter standar adalah platina iridium.

Karena diperkirakan masih akan ada penyimpangan meter standar yang terbuat dari logam, maka dibuat meter standar yang tidak mengalami perubahan oleh pengaruh apa pun. Didefinisikan kembali 1 meter standar sama dengan jarak yang sama dengan 1.650.763,73 kali riak panjang
gelombang cahaya merah jingga yang dihasilkan gas Krypton.

Di sekitar kita banyak kita jumpai alat ukur panjang, misalnya penggaris dengan berbagai model baik dari bahan plastik, kayu maupun logam. Sedangkan alat ukur panjang yang lebih teliti tetapi jarang kita jumpai adalah jangka sorong dan mikrometer skrup. Jangka sorong dan mikrometer skrup digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan ketelitian dalam pengukuran panjang/tebal suatu bahan.

Beberapa macam alat ukur panjang adalah sebagai berikut :

a. Mistar/penggaris
Merupakan alat ukur panjang dengan ketelitian 1 mm. Terdapat berbagai jenis mistar, baik bentuk model maupun bahannya. Berdasarkan bahannya ada mistar yang terbuat dari kayu, plastik maupun logam. Dari cara menyimpannya ada alat ukur panjang berbentuk rol, lipat atau batangan. Berdasarkan skala ada yang menggunakan satuan sentimeter ada yang menggunakan satuan inch.

Contoh pengukuran panjang sebuah kertas menggunakan penggaris berskala cm dari bahan plastik sebagai berikut: Skala utama adalah cm. Antar skala terbagi menjadi 10 bagian. Setiap bagian
menunjukkan panjang 1 mm. Sehingga ketelitian penggaris adalah 1mm atau 0,1 cm.

b. Jangka sorong
Merupakan alat ukur panjang dengan ketelitian 0,1 mm ( nonius terbagi menjadi 10 skala) atau lebih. Jangka sorong selain untuk mengukur panjang, dapat juga digunakan untuk mengukur diameter bagian luar pipa, diameter bagian dalam pipa dan kedalaman tabung. Berikut ini ditunjukkan jangka sorong dengan skala utama (fernier) dalam cm dan skala geser nonius terbagi
menjadi 20 bagian maka ketelitiannya adalah 0,05 mm.

Contoh pengukuran berikut ini, apabila skala utama dibaca diperoleh 1,2 cm atau 12 mm. Sedangkan skala nonius yang sejajar dengan skala utama adalah angka 2 atau 0,20 mm maka yang terukur adalah 12 mm + 0,20 mm = 12,20 mm.

c. Mikrometer sekrup
Mikrometer sekrup merupakan alat untuk mengukur panjang, ketebalan bahan, diameter luar tabung tetapi tidak dapat digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam pipa. Mikrometer sekrup mempunyai ketelitian 0,01 mm. Terdiri dari skala tetap dan skala putar (melingkar) yang terdapat 50 skala. Satu kali putaran menunjukkan 0,5 mm.

Cara membaca skala adalah angka yang ditunjuk skala utama ditambah dengan skala yang ditunjuk oleh skala putar.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "BEBERAPA MACAM ALAT UKUR PANJANG"

Post a Comment