09 February 2013

Konsep Besaran dan Satuan Dalam Pengukuran

Penggunaan besaran dan satuan sudah setiap hari kita pakai baik dengan sadar maupun tidak. Artinya kita sering menggunakan sesuatu dengan mengetahui apa yang kita kerjakan atau kita melakukan sesuatu tanpa mengetahui yang kita lakukan.

Apabila kepada kalian ditanyakan: Apakah definisi dari besaran dan satuan itu? maka dari kalian barang kali ada yang lupa atau sepertinya tidak mengenalnya. Tetapi apabila kalian diminta untuk mengukur panjang sebuah buku. Apa yang akan kalian lakukan?

Cobalah kalian melakukan kegiatan mengukur panjang buku tulis. Tuliskan langkah demi langkah berdasarkan pertanyaan di bawah ini, sehingga menghasilkan jawaban seperti yang diperintahkan.
Untuk mengukur panjang sebuah buku maka perlu diperhatikan antara lain:
1. Alat ukur apakah yang kalian ambil?
2. Apa yang kamu lakukan dengan alat ukur tersebut?
3. Berapakah angka yang terbaca pada alat tersebut?
4. Sebutan di belakang angka adalah meter atau sentimeter?

Besaran apakah yang diukur? Besaran panjang. Berapakah hasil pengukuran panjang buku tulis? (30 sentimeter) Maka jawabnya adalah panjang buku tulis 30 sentimeter. (misalnya) Ternyata kalian sudah mengetahui cara mengukur panjang sebuah buku tulis tanpa sadar bahwa kalian sudah melakukan/menyebut beberapa pengertian antara lain:
1. mengukur
2. besaran
3. satuan

Di dalam sains atau ilmu pengetahuan alam (khususnya fisika) besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Perbedaan yang paling menyolok dari kedua besaran tersebut adalah satuan dari besaran pokok tidak dapat diurai menjadi satuan besaran yang lainnya (merupakan satuan tersendiri). Sedangkan besaran turunan walaupun disebut tunggal tetapi satuannya dapat ditulis menggunakan satuan besaran pokok.
Misalnya:

1. Besaran panjang mempunyai satuan meter (m). Besaran tersebut tidak dapat ditulis dengan besaran yang lain sehingga disebut dengan besaran pokok.

2. Besaran luas mempunyai satuan meter persegi (m²), adalah besaran yang terdiri dari panjang dengan satuan m dan lebar (panjang) satuan m. karena bukan merupakan satuan tunggal disebut dengan besaran turunan.

3. Besaran kecepatan mempunyai satuan meter per sekon (m/s), yang terdiri dari besaran panjang satuan meter dan besaran waktu dengan satuan sekon. Maka kecepatan termasuk besaran turunan.

4. Besaran gaya mempunyai satuan newton (N), walaupun merupakan besaran tunggal tetapi terdiri dari besaran massa dengan satuan kg, panjang satuan meter dan besaran waktu dengan satuan  sekon, N = kg.m/s². Maka gaya termasuk besaran turunan.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Konsep Besaran dan Satuan Dalam Pengukuran"

Post a Comment